Friday, September 4, 2009

Prinsip-prinsip Utama Jalan Ketuhanan


道之宗旨
1 敬天地 2 禮神明 3愛國忠事 4敦品崇禮 5 孝父母 6重師尊 7信朋友 8和鄉鄰
9改惡向善 1 0講明五倫八德 11 闡發五教聖人之奧旨 1 2恪遵四維綱常之古禮
1 3洗心滌慮 14 借假修真 15 恢復本性之自然 16 啟發良知良能之至善
17 己立立人 18 己達達人 19 挽世界為清平
20 化人心為良善 21 冀世界為大同


The Principles of the Tao
1 To venerate Heaven and Earth; 2 To revere the divine beings; 3 To be patriotic and responsible; 4 To be virtuous and courteous; 5 To honor the parents; 6 To value the teachers; 7 To keep faith with friends; 8 To live harmoniously with neighbors;
9 To discard the bad and seek the good; 10 To clarify the Five Relationships and the Eight Virtues;
11 To spread the teachings of the Five Religions; 12 To follow the ancient practice of the Four Ethics, the Mainstays, and the Constant Virtues; 13 To cleanse the mind and purify the spirit; 14 To utilize the illusory world in cultivating the truth; 15 To restore the nature of the self; 16 To develop the perfection of conscience; 17 To establish oneself and help others in establishment;
18 To achieve goals and help others in achievement;
19 To bring the world into peace; 20 To change hearts into goodness;
21 To transform the world into Great Unity.


Prinsip-prinsip Utama Jalan Ketuhanan

1 Menghormati langit dan Bumi, 2 Memuliakan para Suci, 3 Mencintai Negara dan bertanggung jawab4 Mengutamakan kebajikan dan etika, 5 Berbakti pada orang tua, 6 Mentaati guru7 Setia dalam persahabatan, 8 Harmonis dalam bertetangga, 9 Berubah dari buruk menjadi baik10 Menjelaskan kelima hubungan dan delapan kebajikan11 Menyebar luaskan prinsip utama dalam ajaran dari nabi kelima agama12 Mempertahankan pelaksanaan dari berbagai nilai-nilai, tata hubungan dan kebajikan tua. 13 Membersihkan hati dan memurnikan jiwa,
14 Meminjam kesementaraan hidup untuk membina kesejatian.15 Kembali ke keaslian sifat semula, 16 Mengembangkan kesempurnaan nurani, 17 Menegakkan diri dan membantu menegakkan yang lain18 Mencapai tujuan hidup dan membantu yang lain mencapai tujuan hidupnya19 Membawa dunia ke dalam perdamaian, 20 Merubah setiap hati untuk menjadi baik21 Agar seluruh dunia menjadi satu kebersamaan yang besar.

Prinsip-prinsip Utama Jalan Ketuhanan

1 Merenungkan, memahami dan menghargai keagungan alam semesta dan bumi yang telah memungkinkan adanya kehidupan. Bertindak sebagai pelindung bagi planet Bumi dan segala sumber dayanya. Hidup selaras dengan alam, meningkatkan kualitas kehidupan manusia tanpa pernah mengorbankan alam.
2. Memuliakan Para Suci, Bodhisattva-Mahasattva-Para Buddha, Para Bijak, dan Guru-guru Agung yang telah datang sebelum kita. Dengan penuh hormat menempatkan Mereka sebagai teladan dan sumber inspirasi.
3. Dimana pun tempat tinggal yang dipilih, jadilah warga negara yang baik. Jalankanlah dengan baik apa yang menjadi tugas, tanggung jawab dan kewajiban.
4. Baik dalam karakter, perilaku dan pembawaan. Mengikuti apa yang menjadi etika umum, santun dalam perbuatan dan ucapan
5. Mencintai, hormat, mendukung dan patuh terhadap orang tua. Tidak lalai atau berbuat salah yang mengakibatkan orang tua mengkhawatirkan diri kita.
6. Memuliakan dan menghormati semua Guru dan Senior yang telah berjerih payah mendidik dan mewariskan kebijaksanaan hasil belajar mereka.
7. Tulus, jujur dan setia kawan dalam persahabatan. Membentuk kebersamaan yang saling mempercayai, saling dukung, saling berbagi dan saling ber-ketergantungan.
8. Hidup harmonis dengan masyarakat sekitar. Akur dengan tetangga bagaikan dengan keluarga terdekat.
9. Terus menerus memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan diri. Membuang jauh semua yang salah dan mempelajari yang baik.
10. Agar hidup dalam “Kelima keteraturan tata hubungan”, yaitu: Antara raja dan menteri, antara orang tua dan anak, antara suami dan isteri, antar saudara dan antar sahabat.
Dan “Delapan kebajikan dasar”, yaitu : Berbakti, Persaudaraan, Kesetiaan, Dapat dipercaya, Sopan santun, (mengutamakan) Kebenaran, Integritas dan Rasa Malu(akan kesalahan).
11. Merenungkan, memahami, mengenali dan menyebarkan apa yang menjadi inti-semangat , kearifan dari semua tradisi spiritualitas dan filosofi, yang akan bermanfaat-membantu setiap individu untuk memperbaiki kehidupan dan lebih berbuat baik.
12. Mempertahankan, menjalankan dan meneruskan warisan tata nilai yang sangat berharga. Keempat etika: Sopan santun, (mengutamakan) Kebenaran, Integritas dan Rasa Malu (akan kesalahan). Tiga Pilar tata hubungan social: Raja dan menteri (atasan dan bawahan), Orang tua dan anak dan suami-isteri. Lima Kebajikan utama: Welas kasih, Kesatria-an, Sopan santun, Kearifan dan Dapat dipercaya.
13. Menghilangkan dan menolak semua dan setiap pikiran buruk dan merusak. Mempertahankan dan membangun suatu sikap, pemikiran dan niat yang positif.
14. Melalui hidup yang ‘sementara’ untuk memahami ‘keabadian’. Menggunakan setiap kejadian dalam kehidupan sebagai sumber pelajaran yang tiada habisnya.
15. Mengenali dan menyadari Kesejatian diri (benih KeBudhaan) sebagai potensi yang tak terbatas, untuk hidup berbahagia, berbuat baik dan membantu sesame, hingga pencapaian kesempurnaan.
16. Mengembalikan kegemilangan nurani, yang maha mengetahui dan maha berkemampuan, agar mencapai puncak potensi kebajikannya.
17. Mengembangkan dan memapankan diri sendiri sedemikian rupa, selanjutnya membantu yang lain untuk mencapai hal yang sama.
18. Mencapai tujuan dan berbagai hal yang dianggap penting bagi hidup sendiri, selanjutnya membantu yang lain untuk menggali dan mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya.
19. Terus berusaha untuk mewujudkan sebuah dunia yang damai, tenang tenteram, yang tertata rapi dan asri.
20. Setiap orang hidup dengan kehendak yang baik, pikiran yang positif, perilaku yang bersahabat dan berbudaya.
21. Sehingga semua di dunia hidup dalam keadilan, kesetaraan dan keharmonisan, menjadi sebuah persaudaraan besar.

No comments: