Tuesday, July 14, 2009

Randy Pausch : Really Achieving Your Childhood Dreams

Randolph Frederick "Randy" Pausch (October 23, 1960 – July 25, 2008) adalah pengajar pada Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh, Pennyslvania, Amerika serikat.

Pada Sept 2006, Pausch mendapati dirinya menderita kanker pankreatik. Namun, tidak melewati hari-hari terakhirnya dalam ketakutan dan perasaan kasihan kepada diri sendiri, Pausch sebaliknya tetap…..menaburkan kasih, memotivasi setiap orang untuk mengejar impian-nya.

Pausch pada 18 Sept 2007, menyampaikan satu seminar, "The Last Lecture: Really Achieving Your Childhood Dreams" di CMU, yang sangat 'kuat', yang kemudian menjadi sedemikian populer di Youtube, yang memicu berbagai liputan media lainnya, di susul dengan buku dengan tema yang sama, berjudul The Last Lecture.

Bagi saya, yang saya pelajari paling mendalam dari Pausch adalah tentang kasih, itulah alasan di balik pemilihan foto bagi posting ini.

Pausch adalah tokoh Sommaratana, karena bukan hanya menjalani kehidupannya hingga kepenuhannya, namun juga memotivasi dan membantu yang lain untuk mencapai hal yang sama.

Berikut beberapa penggalan dari 'pesan-pesan' Pausch:
http://en.wikiquote.org/wiki/Randy_Pausch
http://belifesavvy.com/2008/07/26/randy-pauschs-most-inspirational-quotes/

Keberadaaan 'Dinding bata' pasti untuk suatu alasan. Dinding tersebut bukan untuk menolak kita. Dinding tersebut untuk menguji betapa kuat keinginan kita, karena dinding tersebut untuk menghentikan mereka yang tidak cukup kuat keinginannya. Dan jelas itu bukan aku.

Temukanlah yang terbaik dalam diri setiap orang ... Bersabarlah, dan mereka akan mengejutkan dirimu. Terkadang ini membutuhkan bertahun-tahun, tetapi merka pasti akhirnya akan menunjukkan sisi baik mereka. Bersabarlah dalam penantian.

Kemarahan belum pernah dapat memperbaiki keadaan.

Pada saat Anda melakukan kesalahan dan tidak ada lagi yang ingin bersusah payah memberikan masukan untukmu, keadaanmu sungguh buruk. Peng-kritik adalah mereka yang masih perduli dan mencintaimu.

Jangan mengeluh, Kerja lebih keras. Dalam kontrak Jackie Robinson (pemain baseball kulit hitam pertama yang bermain di major league) dinyatakan dia tidak boleh mengeluh, juga apabila diludahi. Anda boleh memilih untuk mengeluh atau berjuang sekeras-kerasnya. Pilihan kedua kelihatannya akan lebih efektif.

Pengalaman adalah apa yang Anda dapatkan saat tidak memperoleh apa yang diinginkan.... Saya mungkin mendapatkan jauh lebih banyak dari mimpi itu (untuk bermain football profesional), walau tidak mencapainya daripada yang saya dapatkan dari berbgai hal yang saya capai.

Putuskanlah apa Anda adalah Tigger (yang optimis) atau Eyeore (yang pesimis) . saya sendiri adalah Tigger. Ini tidak sekedar apakah mimpi akan tercapai, tetapi lebih mengenai sepenuhnya menjalani hidup. Jika telah menjalani hidup dengan cara yang benar, sisanya akan diurus oleh karma, dan mimpi akan datang dengan sendirinya kepadamu.

Jangan pernah meremehkan pentingnya untuk hidup bergembira. saya sedang menjelang kematian, tapi tetap menikmati hidup, dan tetap akan melakukannya setiap hari, karena sebenarnya tidak ada cara yang lebih baik untuk memainkan peran (dalam hidup) ini..... Menikmati hidup bagiku adalah bagaikan air bagi ikan. Tidak terbayangkan apa jadinya tanpa menikmati hidup.

Lebih baik untuk gagal secara spektakuler daripada keberhasilan yang biasa-biasa. [Saat mengajar, Randy Pausch memberikan penghargaan Penguin pertama bagi kegagalan yang terbesar karena mencoba sesuatu yang luar biasa dan baru, karena dia mengganggap hal ini pantas untuk dirayakan. Penguin pertama adalah dia yang memberanikan diri untuk nyebur untuk menguji dinginnya air.]

Nasihat terbaik yang pernah saya dengar tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik adalah dari pramugari. 'Apabila terjadi keadaan darurat, ambil dan pakai topeng oksigenmu terlebih dahulu.'

(bagaikan) Seseorang akan mendorong jatuh keluarga saya dari tebing dan saya tiada di sana untuk dapat menolong mereka, tentu saja ini melukai hatiku. Namun saya masih mempunyai sedikit sisa waktu untuk menyiapkan jala agar kejatuhan mereka akan sedikit dapat diatasi. Demikianlah cara terbaik, dan pemanfaatan maksimal dari sisa waktu saya, jadi lebih baik saya segera mulai bekerja.

Jadilah yang terbaik dalam sesuatu; itu akan membuatmu berharga.....Bawalah sesuatu ke meja makan, itu akan membuatmu disambut hangat.

Walau kedengarannya klise, kematian adalah bagian dari kehidupan dan pasti akan terjadi pada setiap orang. saya beruntung karena mendapat pemberitahuan awal dan saya dapat memaksimalkan pemanfaatan waktu saya bagi keluarga.

Kita tidak lagi dapat merubah kartu yang telah dibagikan, hanya bisa menentukan bagaimna cara memainkannya.

Pastikanlah hal-hal mendasar telah dilakukan dengan baik, bila tidak hal-hal menyenangkan tidak akan berhasil.

Lebih mudah untuk menjadi brillian bila Anda meniru mereka-mereka yang memang brillian.

Sungguh sangat disayangkan bila orang telah menganggapmu sombong. Karena ini akan membatasi pencapaian hidupmu.

Saya punya teori bahwa mereka yang berasal dari keluarga besar adalah orang yang lebih baik karena mereka telah belajar untuk hidup akur bersama.

Siapkan dirimu. Keberuntungan terjadi saat persiapan bertemu dengan kesempatan.

Video the last lecture (1:16) dapat dibuka pada Favorites di Sommaratana's youtube

...

1 comment:

twinky^^ said...

hi! blogwalking jg ya...
postingannya sama dengan i, i jg ada posting tentang Randy Pausch... ntar mampir ya ke blog i http://xiaoxingxing.co.cc biar bisa saling bantu neh, soalnya i lg nyari profile buat di posting lagi tp lum ketemu.