Wednesday, June 24, 2009

Peter F. Drucker


Saat ingin menulis tentang tokoh manajemen yang bisa ditempatkan sebagai Tokoh Sommaratana, pilihan mengerucut kepada dua nama. Tentu saja banyak nama lain yang tidak kalah penting, tetapi dua nama ini adalah favorit saya: Peter F. Drucker dan Stephen R. Covey. Saya pribadi lebih menyelami Stephen R. Covey, tetapi kok secara objektif harus dikatakan Peter F. Drucker mempunyai kontribusi yang jauh lebih besar dan luas.

Bisa jadi banyak yang akan bertanya-tanya, mengapa ada seorang penulis, pemikir, konsultan, seorang yang pada berbagai tahapan hidupnya menyatakan tentang apa yang dia lihat tentang masa depan dapat dinobatkan menjadi Tokoh SommaRatana; tokoh yang membantu setiap orang mencapai Summa (Puncak) Ratana(Ratna-Keberhargaannya).

Beberapa alasan yang mendasarinya adalah: Drucker sangat 'Human Oriented'. Beliau mempunyai keperdulian yang sangat besar kepada Non-Profit Organization dan Community. Dan yang terpenting adalah, hidupnya sendiri merupakan sebuah keteladanan yang sangat pantas.


The Daily Drucker
'The Daily Drucker' adalah sebuah buku yang mengkompilasi best of the best dari Drucker, diterbitkan tahun 2004 oleh HarperBusiness, saya tidak tahu apakah telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia? Buku ini berisi 366 cuplikan pemikiran Drucker (termasuk 29 Feb). Setiap 'tanggal' dimulai dengan satu 'Drucker Proverb', diikuti dengan cuplikan dari karya asli Drucker, dan ditutup dengan tindakan nyata yang perlu dilakukan....

Setiap hari, setiap point dalam The Daily Drucker dapat diterjemahkan dari bahasa 'Bisnis-Manajemen'-nya Drucker menjadi bahasa 'Membina diri - Menjalankan Karya' untuk menjadi bahan perenungan setiap benih Sommaratana..



..

No comments: